Renungan.org
Home - Renungan Harian - Renungan Harian – Tuba Dibalas Susu

Renungan Harian – Tuba Dibalas Susu

Renungan Harian Renungan.org - 21 Maret 2020 - Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan! (Roma 12_21)

Renungan Harian Kristen hari ini: Maret 2020.

Bacaan Alkitab

Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!

Roma 12:21

Renungan

Pepatah mengatakan, “Air susu dibalas dengan air tuba”. Artinya, kebaikan dibalas dengan kejahatan. Hal itu banyak terjadi di dunia ini. Namun, firman Tuhan mengajarkan sebaliknya, balaslah “air tuba dengan air susu”.

Itulah yang dilakukan Yusuf. Saudara-saudaranya telah membuat hidupnya sangat menderita. Ia dimasukkan ke sumur, dijual, menjadi budak, difitnah, dan dipenjarakan. Hanya kasih dan pemeliharaan Tuhanlah yang membalikkan keadaan. Yusuf menjadi orang nomor dua di Mesir dan saudara-saudaranya datang berlutut kepadanya, memohon pertolongan karena bahaya kelaparan melanda seluruh negeri. Ketika Yakub masih hidup, mereka aman, karena Yusuf tidak mungkin mencelakai mereka. Namun, kini ayah mereka sudah berpulang. Seandainya Yusuf mau, ia dapat membalas dendam.

Yusuf menenteramkan hati mereka, “Janganlah takut, sebab aku inikah pengganti Allah? Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar. Jadi janganlah takut, aku akan menanggung makanmu dan makan anak-anakmu juga.” Yusuf membalas “air tuba dengan air susu” karena menyadari bahwa Allah mengizinkan semua ini terjadi untuk memelihara hidup bangsa yang akan melahirkan Juru Selamat dunia.

Apakah kita menderita karena kejahatan orang lain dan sekarang memiliki kesempatan untuk membalas dendam? Ingatlah akan firman Tuhan, “Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!”

BALASLAH KEJAHATAN DENGAN KEBAIKAN, KARENA HANYA ANAK-ANAK ALLAH YANG BISA MELAKUKANNYA.

Add comment