Renungan.org
Home - Renungan Harian - Renungan Harian – Gereja Allah yang benar

Renungan Harian – Gereja Allah yang benar

Renungan harian - Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini. Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. - 6 Februari - Renungan.org

Renungan Harian Kristen hari ini: 06 Februari 2020.

Bacaan Alkitab

Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini. Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

Matius 16:18

Renungan

Gereja Allah sejati terdiri dari para penyembah sejati yang menyembah Dia dalam roh dan kebenaran. Itulah gereja Allah sejati yang tak terlihat, berkemenangan, dan universal, tanpa diskriminasi ras, jenis kelamin, usia, atau denominasi. Inilah yang disebut “jemat Allah“ (Kis. 20:28; 1Kor. 1:2; 10:32; 11:22) dengan Tuhan Yesus Kristus sebagai “kepala jemaat“ (Ef. 5:23). Tuhan Yesus Kristus telah mendirikan jemaat-Nya di atas dasar Diri-Nya sendiri dan Firman Tuhan. Tuhan Yesus berkata kepada Petrus, “…Engkau adalah Petrus (dalam bahasa Yunani, Pétros, yang artinya batu), dan di atas batu karang ini (dalam bahasa Yunani, Pétra, yang artinya batu karang yang kokoh, yaitu Tuhan Yesus sendiri) Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.” (Mat. 16:18).

Sesungguhnya, Tuhan Yesus Kristus adalah dasar gereja-Nya, “Karena tidak ada seorangpun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus” (1Kor. 3:11). Gereja Tuhan dibangun bukan saja di atas dasar Tuhan Yesus, Sang Firman Hidup (Yoh. 1:1; 1Yoh. 1:1), melainkan juga di atas dasar Firman yang tertulis, ditulis oleh para nabi dan rasul-Nya, “yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru” (Ef. 2:20).

Tuhan Yesus menegaskan bahwa “alam maut tidak akan menguasai” gereja-Nya sepanjang zaman. Jadi kita tidak boleh berpikiran bahwa gereja Kristus yang benar pernah murtad pada zaman kegelapan di bawah gereja Katolik Roma, suatu gereja lokal yang terlihat di bumi. Gereja lokal bisa dirusak oleh penyembah palsu dan fasik, yang merupakan semak duri yang ditaburkan oleh Iblis (Mat. 13:38-39). Namun Allah selalu memisahkan gereja-Nya yang benar, suatu kumpulan yang tersisa, tak peduli betapa kecilnya, untuk menjadi saksi-Nya di bumi.

Karena Firman Tuhan adalah dasar dari gereja-Nya, dan Roh Kudus, sang Penulis Ilahi Alkitab, telah memakai gereja-Nya untuk mengakui dan melestarikan Firman Tuhan. Domba Allah sejati bisa mengenali dan mengikuti suara Sang Gembala. “Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku” (Yoh. 10:27). Inilah caranya para penerjemah Alkitab King James bisa mengenali Teks Tradional dan Diterima dan dengan setia menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris.

RENUNGKAN: Apakah saya merupakan milik gereja Allah yang benar dan berkemenangan?

DOAKAN: Oh Tuhan, saya berterima kasih karena mendirikan gereja-Mu yang berkemenangan.

Add comment