Saat Teduh – Teladan untuk Ditiru

Saat Teduh - Kamu telah menjadi penurut kami dan penurut Tuhan (1Tesalonika 16) - Feb 09 2020
Saat Teduh - Kamu telah menjadi penurut kami dan penurut Tuhan (1Tesalonika 16) - Feb 09 2020

Saat Teduh Kristen hari ini: 09 Februari 2020

Bacaan Alkitab

1 Dari Paulus, Silwanus dan Timotius kepada jemaat orang-orang Tesalonika yang di dalam Allah Bapa dan di dalam Tuhan Yesus Kristus. Kasih karunia dan damai sejahtera menyertai kamu. 

2 Kami selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu semua dan menyebut kamu dalam doa kami. 

3 Sebab kami selalu mengingat pekerjaan imanmu, usaha kasihmu dan ketekunan pengharapanmu kepada Tuhan kita Yesus Kristus di hadapan Allah dan Bapa kita. 

4 Dan kami tahu, hai saudara-saudara yang dikasihi Allah, bahwa Ia telah memilih kamu. 

5 Sebab Injil yang kami beritakan bukan disampaikan kepada kamu dengan kata-kata saja, tetapi juga dengan kekuatan oleh Roh Kudus dan dengan suatu kepastian yang kokoh. Memang kamu tahu, bagaimana kami bekerja di antara kamu oleh karena kamu. 

6 Dan kamu telah menjadi penurut kami dan penurut Tuhan; dalam penindasan yang berat kamu telah menerima firman itu dengan sukacita yang dikerjakan oleh Roh Kudus, 

7 sehingga kamu telah menjadi teladan untuk semua orang yang percaya di wilayah Makedonia dan Akhaya. 

8 Karena dari antara kamu firman Tuhan bergema bukan hanya di Makedonia dan Akhaya saja, tetapi di semua tempat telah tersiar kabar tentang imanmu kepada Allah, sehingga kami tidak usah mengatakan apa-apa tentang hal itu. 

9 Sebab mereka sendiri berceritera tentang kami, bagaimana kami kamu sambut dan bagaimana kamu berbalik dari berhala-berhala kepada Allah untuk melayani Allah yang hidup dan yang benar, 

10 dan untuk menantikan kedatangan Anak-Nya dari sorga, yang telah dibangkitkan-Nya dari antara orang mati, yaitu Yesus, yang menyelamatkan kita dari murka yang akan datang.

1 Tesalonika 1

Renungan

Leslie Stobel menjadi orang Kristen pada tahun 1979 dan memberi teladan iman sedemikian rupa sehingga mempengaruhi Lee, suaminya yang ateis, untuk mau mengenal Allah. Dalam bukunya yang berjudul The Case for Christ (Panggilan Kristus), Lee menceritakan tentang riset intensifnya selama 2 tahun yang menuntunnya untuk menerima Yesus sebagai Juruselamat. Memang ia tak bisa lepas dari komentar orang-orang non-Kristen dan orang-orang yang suka memperolok. Namun sebagai seorang sarjana hukum lulusan Yale dan peraih penghargaan dalam bidang jurnalistik di Chicago Tribune, Lee mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit yang mereka lontarkan.

Perubahan dalam hidup Lee juga mempengaruhi Alison, putri mereka yang berusia 5 tahun. Ia berkata, “Bu, saya ingin Tuhan melakukan hal yang sama terhadap saya seperti yang telah Dia perbuat terhadap Ayah.” Iman Leslie menimbulkan pengaruh yang mengubahkan seluruh keluarganya.

Pola memberi teladan dan meniru ini diberikan Paulus dalam 1 Tesalonika 1. Teladan yang ditunjukkannya bersama Silwanus dan Timotius, mendorong orang-orang yang baru percaya di Tesalonika untuk meniru (mengikut) mereka. Sementara orang-orang yang baru percaya di Tesalonika itu menderita bagi Kristus dengan sabar dan tabah, mereka bertiga selanjutnya menjadi teladan bagi orang-orang yang baru percaya di Makedonia dan Akhaya, dan mendorong mereka untuk lebih bersungguh-sungguh-sungguh dalam beribadah.

Teladan kita dapat membawa pengaruh yang luar biasa dalam mengenalkan orang kepada Kristus. Adakah orang lain meniru kita karena kita meneladani Dia?

ORANG YANG MENGIKUT KRISTUS
MENUNTUN ORANG LAIN KEPADA-NYA