Saat teduh: Saat Hening

saat teduh Januari 2020
saat teduh Januari 2020

Saat Teduh Kristen hari ini: 05 Januari 2020.

Bacaan Alkitab

(7) Banyak orang berkata: “Siapa yang akan memperlihatkan yang baik kepada kita?” Biarlah cahaya wajah-Mu menyinari kami, ya TUHAN!

(8)Engkau telah memberikan sukacita kepadaku, lebih banyak dari pada mereka ketika mereka kelimpahan gandum dan anggur.

(9) Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur, sebab hanya Engkaulah, ya TUHAN, yang membiarkan aku diam dengan aman.

Mazmur 4 : 7 – 9

Renungan

Buat orang yang memiliki banyak aktifitas, waktu untuk menyendiri atau saat teduh begitu sulit di dapat. Dunia ini begitu gaduh, pola hidup instan dan tergesa- gesa menyebabkan privasi menjadi barang yang mahal, terlebih keheningan. Dalam kesibukaan, keheningan adalah sebuah kelangkaan.


Namun belajar dari Ibu Teresa, di tengah keseibukannya melayani kaum papa di Calcuta, India, ia mengatakan bahwa kita harus tetap bisa mengambil waktu untuk bersaat teduh di tengah kesibukan, bahkan di tengah kebisingan sekalipun.Saat hening ( solitude) diperlukan , karena di saat itulah kita leluasa untuk mengambil keteduhan di tengah gempuran hidup yang sangat bising dan sibuk. “Hening” seperti katta Pemazmur,adalah ketentraman untuk membaringkan diri, saat Tuhan membiarkan kita diam dengan aman. Hening di sini bukan sekedar lingkungan yang sepi, tanpa suara sama sekali.

Hening adalah saat kita merasakan kehadiran Tuhan , sehingga ketika berbaring jiwa kita tenang dan tentram. Dengan demikian, kita dapat merasakan  keteduhan, sekali pun kita berada di tengan keramaian, karena hening bukan soal telinga, tetapi hati yang teduh. Hening bisa terjadi saat kesibukan dan kehingarbingaran melanda diri kita. Itulah yang dialami Daud dan terekpresikan dalam mazmurnya.

Jangan terlalu sibuk. Ambil bagian dalam aktifitasmu dan istirahatmu untuk medekatkan diri dengan Tuhan dalam lautan kehidupan. Ia akan meneduhkan segala kegundahan yang melanda.