Saat Teduh – Pelayanan Rohani

Saat Teduh - Kamu tahu, bagaimana aku hidup di antara kamu … dengan segala rendah hati aku melayani Tuhan (Kisah Para Rasul 2018,19) - Feb 24 2020
Saat Teduh - Kamu tahu, bagaimana aku hidup di antara kamu … dengan segala rendah hati aku melayani Tuhan (Kisah Para Rasul 2018,19) - Feb 24 2020

Saat Teduh Kristen hari ini: 24 Februari 2020

Bacaan Alkitab

14 “Sebab hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka. 

15 Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat. 

16 Segera pergilah hamba yang menerima lima talenta itu. Ia menjalankan uang itu lalu beroleh laba lima talenta. 

17 Hamba yang menerima dua talenta itupun berbuat demikian juga dan berlaba dua talenta. 

18 Tetapi hamba yang menerima satu talenta itu pergi dan menggali lobang di dalam tanah lalu menyembunyikan uang tuannya. 

19 Lama sesudah itu pulanglah tuan hamba-hamba itu lalu mengadakan perhitungan dengan mereka. 

20 Hamba yang menerima lima talenta itu datang dan ia membawa laba lima talenta, katanya: Tuan, lima talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba lima talenta. 

21 Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.

Matius 25:14-21

Renungan

Orang-orang yagn termasuk dalam kasta brahmana di India tak pernah melakukan pekerjaan kasar. Oleh sebab itu, betapa terkejutnya Shriman Naraarayan tatkala menghabiskan waktu di ashram Gandhi (pusat retret rohani bagi para pemeluk agama Hindu) ia diberi sebuah tugas yang dianggapnya dapat menurunkan martabat.

Pria muda itu datang ke ashram dengan tujuan meminta petunjuk tentang masa depannya. Pada saat itu ia baru saja meraih gelar doktor dari London School of Economics. Ia tidak tahu sebelumnya bahwa setiap orang yang datang ke ashram memang diberi beberapa tugas khusus, dan tugas yang harus dilakukan oleh Shriman adalah membersihkan toilet. Dengan sangat tersinggung, ia segera menemui Gandhi dan mengadu, “Saya ini bergelar doktor. Saya bisa melakukan hal-hal yang besar. Mengapa Anda menyia-nyiakan waktu dan bakat saya dengan menyuruh saya membersihkan toilet?” Gandhi menjawab, “Aku tahu kau mampu melakukan hal-hal besar, tetapi aku juga harus melihat kemampuanmu dalam melakukan hal-hal kecil.”

Mungkin Anda benar-benar memenuhi syarat untuk melayani Tuhan dengan sangat baik. Berkat latihan serta dukungan talenta yang Anda miliki, Anda mungkin berpotensi untuk melakukan pelayanan yang hebat dan efektif. Namun maukah Anda dengan rendah hati melakukan tugas-tugas yang kasar jika Dia menugaskan Anda? Maukah Anda membersihkan toilet atau membasuh kaki orang lain? (Yohanes 13:14,15). Itulah arti ketaatan dalam pemuridan.

APAKAH ANDA CUKUP RENDAH HATI SEHINGGA
DAPAT DIPAKAI OLEH ALLAH?