Saat Teduh – MENGAPA BERIBADAH?

Saat Teduh - Nantikanlah TUHAN! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah TUHAN! (Mazmur 2714) - Feb 13 2020
Saat Teduh - Nantikanlah TUHAN! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah TUHAN! (Mazmur 2714) - Feb 13 2020

Saat Teduh Kristen hari ini: 13 Februari 2020

Bacaan Alkitab

1 Dari Daud. TUHAN adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut? TUHAN adalah benteng hidupku, terhadap siapakah aku harus gemetar? 

2 Ketika penjahat-penjahat menyerang aku untuk memakan dagingku, yakni semua lawanku dan musuhku, mereka sendirilah yang tergelincir dan jatuh. 

3 Sekalipun tentara berkemah mengepung aku, tidak takut hatiku; sekalipun timbul peperangan melawan aku, dalam hal itupun aku tetap percaya. 

4 Satu hal telah kuminta kepada TUHAN, itulah yang kuingini: diam di rumah TUHAN seumur hidupku, menyaksikan kemurahan TUHAN dan menikmati bait-Nya. 

5 Sebab Ia melindungi aku dalam pondok-Nya pada waktu bahaya; Ia menyembunyikan aku dalam persembunyian di kemah-Nya, Ia mengangkat aku ke atas gunung batu. 

6 Maka sekarang tegaklah kepalaku, mengatasi musuhku sekeliling aku; dalam kemah-Nya aku mau mempersembahkan korban dengan sorak-sorai; aku mau menyanyi dan bermazmur bagi TUHAN. 

7 Dengarlah, TUHAN, seruan yang kusampaikan, kasihanilah aku dan jawablah aku! 

8 Hatiku mengikuti firman-Mu: “Carilah wajah-Ku”; maka wajah-Mu kucari, ya TUHAN. 

9 Janganlah menyembunyikan wajah-Mu kepadaku, janganlah menolak hamba-Mu ini dengan murka; Engkaulah pertolonganku, janganlah membuang aku dan janganlah meninggalkan aku, ya Allah penyelamatku! 

10 Sekalipun ayahku dan ibuku meninggalkan aku, namun TUHAN menyambut aku. 

11 Tunjukkanlah jalan-Mu kepadaku, ya TUHAN, dan tuntunlah aku di jalan yang rata oleh sebab seteruku. 

12 Janganlah menyerahkan aku kepada nafsu lawanku, sebab telah bangkit menyerang aku saksi-saksi dusta, dan orang-orang yang bernafaskan kelaliman. 

13 Sesungguhnya, aku percaya akan melihat kebaikan TUHAN di negeri orang-orang yang hidup! 

14 Nantikanlah TUHAN! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah TUHAN!

Mazmur 27

Renungan

Mengapa kita perlu beribadah di gereja? Sebagian orang berkata bahwa hari Minggu adalah kesempatan untuk bangun siang, sarapan dengan santai, dan berbincang-bincang dengan keluarga. Selain itu juga makan siang dengan teman-teman atau menikmati piknik dan bermain dengan anak-anak. “Jadikan hari Minggu hari yang berbeda dan santai,” demikianlah saran sebagian orang, “tapi jangan buang waktumu dengan pergi ke gereja pada hari Minggu!”

Ibadah? Siapa yang butuh ibadah? Kita semua membutuhkannya! Kita butuh ibadah karena kita adalah makhluk-makhluk unik yang segambar dengan Allah. Kita diciptakan untuk melakukan kehendak Allah, dan kita tidak akan dapat mencapai tujuan bila tidak membangun hubungan yang benar dengan Dia. Dengan beribadah kita akan lebih mudah mencapainya, karena kita memfokuskan diri kepada Tuhan.

Tatkala kita bergabung dengan saudara-saudara seiman yang lain di gereja, hati kita “berpindah” dari dunia yang bersifat sementara ke dunia Allah yang bersifat kekal. Menurut William Temple, saat beribadah hati nurani kita dihidupkan oleh kekudusan Allah, pikiran kita diisi penuh oleh kebenaran Allah, imajinasi kita dibersihkan oleh kemuliaan Allah, hati kita dibuka untuk menerima kasih Allah, dan kehendak kita dipersembahkan untuk tujuan Allah. Dengan demikian, kita dibantu untuk mencapai tujuan, yakni menjadi serupa dengan Allah.

Mari kita ambil keputusan bahwa setiap hari Minggu kita akan selalu berada di gereja dengan hati yang siap untuk beribadah kepada Tuhan.

SIAPA YANG ANDA SEMBAH AKAN MENENTUKAN MENJADI APA ANDA KELAK