Saat teduh: KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

saat teduh Januari 2020
saat teduh Januari 2020

Saat Teduh Kristen hari ini: 13 Januari 2020.

Bacaan Alkitab

Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan.

2 Korintus 8:14

Saat Teduh

Dalam satu kunjungan ke satu panti asuhan anak-anak cacat yang ada di Jakarta, saya terpukau melihat semangat hidup yang luar biasa yang ditunjukkan oleh penghuni panti tersebut.

Para penghuni panti tersebut, bukanlah orang-orang biasa.  Tetapi, mereka adalah orang-orang yang memiliki cacat fisik dalam hal penglihatan.  Meskipun demikian, mereka dapat mengolah telor biasa menjadi telor asin.  Pekerjaan ini mereka lakukan, mulai dari membeli telor di pasar sampai pada proses pengolahannya seperti memasak tanpa takut kena api atau telornya hangus.  Bukan hanya sampai di situ, mereka juga memasarkannya ke pasar-pasar.  Mereka memiliki prinsip, hidup jangan membebani orang lain.

Ketika saya bertanya, bagaimana mereka dapat menjalani semuanya ini? Mereka berkata bahwa kondisi mereka saat ini bukanlah penghalang untuk tidak berbuat sesuatu.  Mereka berprinsip bahwa setiap orang pasti memiliki kekurangan.  Dan kekurangan dalam diri, bukanlah alasan untuk menggantungkan hidup kepada orang lain.

Saudara, jika kita adalah orang-orang yang memiliki kesempurnaan dalam hal fisik, tetapi kehidupan kita senantiasa bergantung kepada orang lain, tidakkah kita merasa malu kepada orang-orang penghuni panti asuhan di atas? Kalau mereka dapat berbuat sesuatu dengan tidak melihat kekurangan mereka, tidakkah kita melebihi mereka yang dapat berbuat melebihi mereka yang cacat fisik?