Saat Teduh – Bereskan Segera

Saat Teduh - SAKIT HATI TERHADAP SESAMA AKAN MENGHALANGI HUBUNGAN ANDA DENGAN ALLAH - Feb 15 2020
Saat Teduh - SAKIT HATI TERHADAP SESAMA AKAN MENGHALANGI HUBUNGAN ANDA DENGAN ALLAH - Feb 15 2020

Saat Teduh Kristen hari ini: 15 Februari 2020

Bacaan Alkitab

17 “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. 

18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. 

19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga. 

20 Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. 

21 Kamu telah mendengar yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum. 

22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala. 

23 Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau, 

24 tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.

Matius 5:17-24

Renungan

Seberapa jauh perjalanan yang harus Anda tempuh untuk menyelesaikan masalah dengan saudara yang tidak mau berbicara dengan Anda selama 10 tahun terakhir? Maukah Anda menempuh perjalanan sejauh 480 kilometer dari Iowa ke Wisconsin? Dengan mengendarai mesin pemotong rumput? 

Karena tidak bisa menyetir dan tidak suka naik bus, Alvin Straight benar-benar melakukan hal diatas. Kisah itu dipaparkan dalam sebuah film yang membangkitkan rasa ingin tahu, yakni The Straight Story. Ini merupakan drama kehidupan nyata tentang seorang pria berusia 73 tahun yang memutuskan untuk mengakhiri kesunyian, menghentikan kebencian, dan menghancurkan tembok kemarahan yang telah memisahkan ia dan saudaranya.

Ketika menonton film tersebut di bioskop yang penuh sesak dengan penonton yang terdiam dari awal sampai akhir, saya merenungkan tentang setiap keretakan hubungan yang saat itu pasti muncul dalam pikiran orang-orang yang duduk dalam kegelapan tersebut. Saya juga merenungkan kata-kata Yesus yang meminta kita berdamai dengan orang-orang yang telah menjauhi kita. Ia berkata, “Jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau, tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu” (Matius 5:23,24). 

Adakah seorang kerabat, teman, atau saudara di dalam Kristus yang perlu diajak berdamai? Jika demikian, mengapa Anda tidak segera menghampirinya?

SAKIT HATI TERHADAP SESAMA
AKAN MENGHALANGI HUBUNGAN ANDA DENGAN ALLAH