Renungan.org
Home - Renungan Harian - Renungan harian: TINGGAL DI DALAM KRISTUS MENGHASILKAN BUAH

Renungan harian: TINGGAL DI DALAM KRISTUS MENGHASILKAN BUAH

Renungan harian Januari 2020

Renungan Harian Kristen hari ini: 24 Januari 2020.

Bacaan Alkitab

“Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.”

1 Yohanes 2:6

Renungan

Kamus Merriam-Webster’s Collegiate merumuskan tinggal sebagai: “menanti sesuatu; bertahan tanpa goyah; menanggung dengan sabar; menerima tanpa keberatan; tetap stabil atau teguh dalam satu keadaan.” Kebenaran utama yang diajarkan Yesus Kristus dalam perumpamaan tentang pokok anggur (Yoh. 15:5) adalah pentingnya tinggal di dalam Dia (menjadi satu dengan-Nya) agar dapat berbuah. Dalam Yohanes 15:1-9, kata “buah” digunakan enam kali, dan “tinggal” (dan berbagai turunannya) terdapat paling sedikit lima belas kali. Poin utama pengajaran di sini adalah buah-buah persekutuan.

Yesus Kristus, menggambarkan diri-Nya sebagai pokok anggur sejati, dan membandingkan orang percaya sebagai ranting-rantingnya. Allah Bapa datang membersihkan ranting-ranting seperti seorang tukang kebun. Pada masa itu di Yerusalamen, pokok anggur bertunas dan agar sebuah ranting bisa menghasilkan buah, maka harus dibersihkan.

Setiap ranting yang tidak berbuah (Gal. 5:22-26) adalah kayu mati, yang dibersihkan oleh Dia untuk mencegah pembusukan, tetapi ini bukan berarti hilangnya keselamatan (Yoh. 10:22-30). Mereka yang terperangkap dalam kebiasaan berdosa tidak lagi berguna bagi Allah (1Yoh. 5:16) kecuali mereka bertobat (1Yoh. 1:9). Usaha yang sia-sia akan dihakimi dan dibakar pada Kursi Bema Kristus ketika orang Kristen menerima penghargaan atas kesetiaan dan buah-buah dalam Tuhan (1Kor. 3:10-17; 2Kor. 5:10). Mereka yang hanya mengaku Kristen akan dihukum karena hubungan kepura-puraan mereka dengan Yesus Kristus, seperti halnya Yudas Iskariot (Mat. 26:24).

Pembersihan datang dari Firman Allah dan menghasilkan buah merupakan berkat dari tinggal dalam Yesus Kristus secara murni, seperti yang dikatakan-Nya, “Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku” (Yoh. 15:8; 1Yoh. 2:3-6).

RENUNGAN: Orang percaya yang berkomitmen akan terus menghasilkan buah yang semakin banyak (Yoh. 15:2, 5, 8).

DOA: Tolong saya, Tuhan, untuk tinggal dalam Kristus dengan penuh kesabaran, menghasilkan buah-buah pertobatan.

Add comment