Renungan.org
Home - Renungan Harian - Renungan Harian – PERPADUAN JIWA

Renungan Harian – PERPADUAN JIWA

18 Mei 2020 - Renungan harian - Renungan.org

Renungan Harian Kristen hari ini: Mei 2020.

Renungan

Para sahabat memperkaya kehidupan. Daud dan Yonatan saling memperkaya, Yonatan, putera raja, tidak takut berdiri bersama anak gembala. Yonatan benar-benar menanggalkan jubah yang dipakainya dan memberikannya kepada Daud.

Kita tidak tahu mengapa Yonatan dan Daud menjadi sahabat. Kita hanya diberitahu bahwa “berpadulah jiwa Yonatan dengan jiwa Daud”. Apakah itu disebabkan oleh keberanian Daud menghadapi Goliat? Mungkin saja, tetapi hal itu tidak selalu membawa kepada persahabatan karena lebih besar kemungkinan justru akan menimbulkan iri hati (Baca I Samuel 17).

Mungkin Yonatan menghargai alasan keberanian Daud itu. Tak pelak lagi Daud adalah seorang yang besar imannya kepada Tuhan. Ketika menghadapi seorang raksasa yang bersenjata lengkap seperti Goliat, sedangkan dirinya tidak bersenjata apa-apa, kecuali beberapa batu licin dan keyakinan iman, “aku mendatangi engkau dengan nama Tuhan” – tampak tindakannya yang sangat tolol bagi kebanyakan orang.

Barangkali Yonatan melihat sesuatu dalam diri Daud yang tidak pernah ia lihat sebelumnya, juga tidak dalam kehidupan ayahnya yang diurapi oleh Tuhan. Mungkin Yonatan melihat dalam diri Daud profil seseorang yang memiliki kekuatan rohani secara sungguh-sungguh, sehingga orang itu bersedia mempertaruhkan jiwanya. Apakah Anda mempunyai seorang sahabat seperti itu?

Beranikah kita berkorban demi kebahagiaan dan kesejahteraan sahabat kita? Besar kecilnya persahabatan terlihat pada besar kecilnya pengorbanan kita. 

Bacaan Renungan

“Berpadulah jiwa Yonatan dengan jiwa Daud; dan Yonatan mengasihi dia seperti jiwanya sendiri”

I Samuel 18:1

Add comment