Renungan.org
Home - Renungan Harian - Renungan Harian – PENGHIBUR YANG LAIN

Renungan Harian – PENGHIBUR YANG LAIN

Renungan harian - Saya selalu memerlukan Roh Kudus, Penghiburku - 2 Februari - Renungan.org

Renungan Harian Kristen hari ini: 02 Februari 2020.

Bacaan Alkitab

Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,

Yohanes 14:16

Renungan

Apa yang akan kamu lakukan ketika kamu harus bepergian ke luar negeri dan harus meninggalkan anak-anakmu di rumah? Sudah tentu kamu akan mengatur supaya ada yang menjaga mereka ketika kamu sedang tidak di rumah. Bagaimana dengan gembala? Apakah mungkin seorang gembala meninggalkan domba-dombanya tanpa ada yang menjaga? Jika dia adalah seorang gembala sejati dan baik, dia tidak akan meninggalkan domba-dombanya karena dia tahu bahwa domba-dombanya memerlukan perhatian, tuntunan, dan perlindungannya, dan tanpa dirinya, domba-dombanya akan tersesat dan menjadi mangsa tak berdaya bagi binatang buas. Tuhan kita Yesus Kristus, Gembala ilahi kita, tidak pernah meninggalkan domba-dombanya, sebab Dia sungguh mengasihi kita. Tuhan Yesus bahkan “memberikan nyawanya bagi domba-dombanya” (Yoh. 10:11), dan Dia berjanji, “dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku” (Yoh. 10:28). Syukur dan puji Tuhan!

Jika kita adalah anak Allah dan domba Tuhan sejati, kita tidak akan pernah ditinggalkan Tuhan Yesus, sebab Dia berjanji, “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penghibur (terjemahan langsung) yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya” (Yoh. 14:16). Roh Kudus adalah “Penghibur” yang lain, suatu kata maskulin dalam bahasa Yunani, parakletos, yang berarti penghibur, penolong, pendoa syafaat, pengantara.

Istilah ini hanya muncul 5 kali dalam Perjanjian Baru, 4 kali mengacu kepada Roh Kudus sebagai “Penghibur” (Yoh. 14:16, 26; 15:26; 16:7), dan sekali mengacu kepada Tuhan Yesus sebagai “pengantara” (1Yoh. 2:1). Kata “yang lain” dalam bahasa Yunani adalah állos, yang artinya “sejenis”. Tuhan Yesus adalah Allah dengan pribadi dan sifat ilahi-Nya, ini berarti Roh Kudus juga memiliki pribadi dan sifat ilahi. Tuhan Yesus adalah penghibur bagi murid-murid-Nya, jadi Roh Kudus adalah “Penghibur yang lain” dengan pelayanan yang sama seperti yang telah dilakukan Tuhan Yesus terhadap murid-murid-Nya ketika Dia masih ada di dunia, yaitu mengajar, menuntun, melatih, menolong, menghibur, menjaga, membela, dan melindungi. Namun, apakah kita sungguh-sungguh menghargai, menghormati, mengasihi, dan menaati Roh Kudus sebagai Penghibur kita yang peduli dan lemah lembut?

RENUNGKAN: Saya selalu memerlukan Roh Kudus, Penghiburku.

DOAKAN: Bapa, saya berterima kasih karena telah memberikan saya Anak-Mu dan Roh-Mu.

Add comment