Renungan.org
Home - Renungan Harian - Renungan Harian – Mengaku dan diselamatkan

Renungan Harian – Mengaku dan diselamatkan

Renungan harian - Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat engkau dan seisi rumahmu. Roma 109-10 - 11 Februari - Renungan.org

Renungan Harian Kristen hari ini: 11 Februari 2020.

Bacaan Alkitab

Terhadap Engkau, terhadap Engkau sajalah aku telah berdosa dan melakukan apa yang Kauanggap jahat, supaya ternyata Engkau adil dalam putusan-Mu, bersih dalam penghukuman-Mu.

Mazmur 51:4

Renungan

Mengakui bahwa kita berdosa Tuhan: “Sebab aku sendiri sadar akan pelanggaranku, aku senantiasa bergumul dengan dosaku. Terhadap Engkau, terhadap Engkau sajalah aku telah berdosa dan melakukan apa yang Kauanggap jahat” (Mzm. 51:3-4). Banyak orang yang menyebut dosa mereka sebagai kelemahan atau kegagalan, tetapi tidak pernah mengakuinya sebagai dosa terhadap Allah. Semoga Tuhan menolong kita untuk mengakui bahwa dosa, pelanggaran, atau kejahatan kita adalah terhadap Allah kita yang kudus, menyakiti Allah langsung. Banyak anak-anak tidak menghormati orang tua mereka sebab mereka tidak untuk melihat bahwa dengan melanggar perintah kelima mereka telah berdosa terhadap Allah sendiri.

Banyak orang lain yang tidak melihat bahwa meragukan dan mengkritik Firman Tuhan adalah meragukan dan mengkritik Allah sendiri, sehingga mereka terus-menerus bersalah terhadap Tuhan. Ketika Yusuf dicobai, dia menolak godaan dan berkata, “…Bagaimanakah mungkin aku melakukan kejahatan yang besar ini dan berbuat dosa terhadap Allah?” (Kej. 39:9).

Mengakui bahwa kita berdosa terhadap Kristus: “Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku… Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh” (Mzm. 51:5, 10). Banyak orang yang tidak benar-benar mengakui bahwa mereka memiliki natur yang berdosa dan jahat, jadi mereka hanya mengurus perilaku dan perbuatan mereka, tetapi gagal untuk sungguh-sungguh mengurus hati mereka. Mereka mungkin berdoa, “oh Tuhan, ampuni dosa saya“, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh dan serius mengurus hati mereka yang berdosa! Tidak heran bahwa mereka terus bolak-balik berdosa dan bertobat. Ini adalah kehidupan yang dikalahkan dan tidak memuliakan TUHAN.

Sungguh penting bagi kita untuk sepenuh hati menyadari natur kita yang berdosa, menanganinya dengan serius dan sungguh-sungguh dengan memandang kepada Yesus Kristus, berseru kepada-Nya dalam keadaan kita yang tak berpengharapan dan tak berdaya. Kisah Para Rasul 16:30-31 mencatat, “…apakah yang harus aku perbuat, supaya aku selamat?” Jawab mereka: “Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.” Roma 10:9-10, “Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.”

RENUNGKAN: Ketika saya berdosa, saya berdosa terhadap Allah.

DOAKAN: Oh Tuhan Yesus, tolong saya untuk sungguh-sungguh bertobat dari dosa.

Add comment