Renungan.org
Home - Renungan Harian - Renungan Harian – JALAN PERSAHABATAN

Renungan Harian – JALAN PERSAHABATAN

14 Mei 2020 - Renungan Harian - Renungan.org

Renungan Harian Kristen hari ini: Mei 2020.

Renungan

Hasil sebuah riset mengatakan bahwa sebab utama orang ke gereja untuk pertama kali adalah karena diajak seorang sahabat, bukan karena alasan siapakah pendeta gereja itu, juga bukan karena sebuah iklan di surat kabar. Jadi, kalau Anda ingin mengundang orang menghadiri kebaktian, dekatilah dia, lalu ciptakanlah persahabatan.

Tetapi, di sinilah timbul kontradiksi. Anda tidak bisa menjadi seorang sahabat dengan tujuan membujuk seseorang untuk melakukan sesuatu. Jika Anda memanipulasi persahabatan untuk menguasai seseorang, maka persahabatan itu gagal. Hendaknya Anda memupuk keakraban demi persahabatan itu sendiri, bukan untuk menariknya ke gereja Anda.

Binalah persahabatan, suatu persahabatan yang sejati. Seorang kawan sejati menghormati orang lain. Tentu saja Anda boleh mengajak kawan tersebut pergi ke gereja bersama Anda. Namun bila jawabnya tidak, biarlah ia tetap menjadi sahabat Anda.

Biarlah Anda tetap percaya bahwa Tuhan selalu bekerja dalam hidup Anda dan juga dalam hidup kawan Anda tadi. Gunakanlah sebagian waktu Anda bersama kawan Anda dengan memperkenalkan diri Anda sebagai seorang yang percaya kepada Yesus. Maka Tuhan akan mengerjakan sekurang-kurangnya tiga perkara. Tuhan akan memberkati Anda dengan memperkaya persahabatan Anda. Tuhan akan memberkati kawan Anda melalui kasih Anda; dan Tuhan akan membentengi Anda berdua dengan kehadiran RohNya yang memberi kehidupan.

Memanipulasi seorang sahabat tidak diperkenan Tuhan, meski tujuan kita baik bahkan mulia. Persahabatan seperti halnya kasih mencakup kejujuran dan keterbukaan.

Bacaan Renungan

“Andreas mula-mula bertemu dengan Simon … dan ia berkata kepadanya: ‘Kami telah menemukan Mesias (artinya Kristus)'”

Yohanes 1:41

Add comment