Renungan.org
Home - Renungan Harian - Renungan Harian – Hidup di dalam terang

Renungan Harian – Hidup di dalam terang

Renungan harian - Saya memerlukan darah Tuhan Yesus dan Firman Tuhan untuk membersihkan saya. - 29 Februari - Renungan.org

Renungan Harian Kristen hari ini: 29 Februari 2020.

Bacaan Alkitab

Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa.

1 Yohanes 1:7

Renungan

Ditahirkan oleh darah Tuhan Yesus Kristus: “Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan” (Ibr. 9:22). Inilah sebabnya mengapa Tuhan Yesus Kristus harus menyerahkan diri-Nya sebagai korban yang darah-Nya dicurahkan untuk menghapuskan dosa kita, dan darah-Nya selalu berkuasa untuk mentahirkan kita, “…darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa” (1Yoh. 1:7; Ibr. 13:12). Darah Kristus bisa membersihkan bukan saja hati kita yang berdosa, juga pikiran kita yang cemar, hati nurani kita yang jahat, dan hal-hal berdosa yang kita lakukan (Ibr. 10:22; 1Pet. 1:2). Hanya oleh darah Yesus Kristus kita bisa datang kepada Allah yang kudus, “Jadi, saudara-saudara, oleh darah Yesus kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke dalam tempat kudus” (Ibr. 10:19). Hanya oleh darah Yesus Kristus kita bisa mengatasi tuduhan Iblis (Why. 12:10-11). Puji Tuhan!

Ditahirkan oleh Firman Tuhan dan taat kepada Firman Tuhan: Kita harus melakukan bagian kita untuk memurnikan dan menjaga diri kita tetap bersih. Firman Tuhan itu kudus, bersih, dan murni, “Janji TUHAN adalah janji yang murni…” (Mzm. 12:6; band. 19:8; 119:140), dan “Semua firman Allah adalah murni…” (Ams. 30:5), dan Firman Tuhan adalah Alkitab (Rm. 1:2; 2Tim. 3:15). Agar bisa ditahirkan Firman Tuhan, kita harus membaca dan menaatinya, “Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu” (Yoh. 15:3) dan “untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman” (Ef. 5:26). Roh Kudus memakai Firman Tuhan untuk menunjukkan kepada kita dan meyakinkan kita akan kekurangan, dosa, kesalahan, pelanggaran, dan kejahatan kita, sehingga kita bisa datang kepada Tuhan Yesus Kristus, Imam Agung kita, untuk dibersihkan oleh darah-Nya dan Friman-Nya. Firman Tuhan adalah kebenaran, dan ketika kita taat dan tunduk kepada kebenaran Allah, kita ditahirkan dan dikuduskan, “Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran” (Yoh. 17:17), dan “Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran…” (1Pet. 1:22). Orang-orang yang tidak taat dan tunduk kepada Firman Tuhan, tidak akan pernah bisa menjadi bersih dan murni!

RENUNGKAN: Saya memerlukan darah Tuhan Yesus dan Firman Tuhan untuk membersihkan saya.

DOAKAN: Oh Tuhan, bersihkanlah saya dengan darah Tuhan Yesus dan Firman-Mu.

Add comment