Renungan.org
Home - Renungan Harian - Renungan Harian – Ciptaan Baru di dalam Kristus

Renungan Harian – Ciptaan Baru di dalam Kristus

Renungan harian - Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala ke - 28 Februari - Renungan.org

Renungan Harian Kristen hari ini: 28 Februari 2020.

Bacaan Alkitab

Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh!

mazmur 51:10

Renungan

Untuk diberkati Tuhan, kita harus memiliki hati yang murni. Bagaimana kita bisa memiliki hati yang murni dan menjaganya tetap murni dalam dunia yang berdosa ini?

Ciptaan Baru di dalam Kristus: Hati manusia “lebih licik dari pada segala sesuatu, hatinya sudah membatu” (Yer. 17:9). “sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan. Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang” (Mrk. 7:21-23). “Siapakah dapat berkata: “Aku telah membersihkan hatiku, aku tahir dari pada dosaku?” (Ams. 20:9), dan “…bagaimana orang yang dilahirkan perempuan itu bersih?” (Ayb. 25:4). Manusia di dunia ini mengakui dosa mereka kemudian mencoba untuk menutupi dosa mereka dengan perbuatan baik dan ritual keagamaan, akan tetapi mereka tidak menyadari bahwa hati mereka berdosa dan kotor! Seperti orang Farisi, mereka hanya menjaga bersih sisi luar mereka, “tetapi di sebelah dalam kamu penuh kemunafikan dan kedurjanaan” (Mat. 23:28). Karena orang-orang ini berkompromi dan bersikap toleransi terhadap dosa dan hal-hal duniawi, mereka tidak bisa menjadi bersih dan murni di hadapan Tuhan (2Pet. 2:20, 22). Lebih buruk lagi mereka yang berada dalam kegelapan rohani dan tidak bisa melihat hati mereka yang najis, “Ada keturunan yang menganggap dirinya tahir, tetapi belum dibasuh dari kotorannya sendiri.” (Ams. 30:12). Kita harus memiliki hati yang bersih di hadapan Tuhan dan Pencipta kita, “Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh!” (Mzm. 51:10). Tidak ada cara lain.

Ditahirkan oleh Tuhan sendiri: Mengakui hati kita yang najis, kita harus datang kepada Tuhan untuk dibersihkan oleh-Nya, “Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu” (Yeh. 36:25). Tak seorang pun yang bisa mentahirkan dan memurnikan kita selain Tuhan Allah kita. Tak seorang pun yang bisa mengampuni dosa kita selain Allah. “Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan” (1Yoh. 1:9). Puji Tuhan!

RENUNGKAN: Hanya Tuhan yang bisa membersihkan dan memurnikan hati kita.

DOAKAN: “Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah.”

Add comment